Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Relasional Siswa dengan Memperhitungkan Minat Belajar Siswa

Rahman, Sriamina (2018) Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Relasional Siswa dengan Memperhitungkan Minat Belajar Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITYA NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Sriamina Rahman (1411440002).pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar sriaminarahman@gmail.com Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi pembelajaran dengan minat belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap pemahaman relasional siswa dengan memperhitungkan minat belajar siswa. Pada penelitian ini terdapat dua treatment, treatment pertama diajar dengan PBI dan treatment II diajar dengan TAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi model pembelajaran dengan minat belajar terhadap pemahaman relasional siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa bagi siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi, terdapat perbedaan hasil tes pemahaman relasional siswa dengan nilai rata-rata hasil tes pemahaman relasional siswa pada treatment I lebih tinggi dari nilai siswa pada treatment II. Adapun bagi siswa yang memiliki minat belajar kategori rendah juga terdapat perbedaan hasil tes pemahaman relasional siswa dengan nilai rata-rata hasil tes pemahaman relasional siswa pada treatment I lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil tes pemahaman relaional siswa pada treatment II. Dengan memperhitungkan minat belajar siswa, hasil tes pemahaman relasional siswa pada treatment I lebih baik dari hasil tes pemahaman relasional siswa pada treatment II. Kata kunci: Problem Based Instruction, Team Accelerated Instruction, Pemahaman Relasional, Minat belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item View Item