Sandoana, Sandoana (2015) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pokok bahasan aritmatika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
![]() |
Text
Sandoana,.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Sandoana, 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pokok bahasan aritmatika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa. (Dibimbing oleh Usman Mulbar dan Asdar) Salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting yaitu matematika. Untuk itu prestasi belajar matematika di setiap sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius, hal ini disebabkan karena rendahnya hasil belajar matematika hampir terjadi di semua pokok bahasan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kaulitas belajar siswa dalam pelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintific pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Manuju?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dalam pelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendektan saintific pada siswa kelas VIISMP Negeri 2 Manuju .Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas VIISMP Negeri 2 Manuju .Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik non tes dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar matematika siswa pada saat pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan rata-rata dari 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Untuk tes hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata tes hasil belajar adalah 64,73 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi 92 yang diperoleh 1 orang siswa dan nilai terendah 35 diperoleh 1 orang siswa dengan ketuntasan klasikal adalah 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,50 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi adalah 98 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dengan nilai terendah adalah 56 yang diperoleh oleh seorang siswa dengan kriteria ketuntasan 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Peningkatan kualitas belajar siswa padapra tindakan meningkat pada siklus I, dan pada siklus I berada pada kategori sedang dan tinggi kemudian meningkat menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus II.Secara umum rata-rata pelaksanaan aktivitas guru pada saat pra tindakan meningkat ke siklus I dan pada siklus I dari 3,2 meningkat menjadi 3,8 pada siklus II dengan kategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa menunjukkan 75% siswa menyatakan senang dengan buku siswa yang dibagikan, 80 % siswa memberikan respon positif terhadap LKS, 82,5% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:12 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |