Sumiani, Sumiani (2018) KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMBANGKAN MOTIF GERAK DALAM PROSES KOREOGRAFI PADA MATA KULIAH TARI PENDIDIKAN II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASIK FSD UNM. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 347-357. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)
|
Text
Sumiani_Kemampuan Mahasiswa.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Penelitian evaluatif ini bertujuan menjawab masalah tentang bagaimana mahasiswa mengembangkan motif gerak dan berbagai kendala dalam mengembangkan motif gerak dalam proses koreografi pada mata kuliah Tari Pendidikan II di Prodi Pendidikan Sendratasik FSD UNM. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan keadaan proses pembelajaran koreografi terutama pada tahap pengembangan gerak. Sasaran penelitian ini adalah proses pembelajaran koreografi pada mata kuliah Tari Pendidikan II di Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Mata kuliah tersebut berjalan di semester genap VI tahun akademik 2017/2018. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti atau memprogram mata kuliah Tari Pendidikan II kelas B yang berjumlah delapan orang. Dasar penilaian dalam pengembangan gerak menggunakan 16 metode rumusan Jacqueline Smith. Hasil evaluasi menunjukan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik angkatan 2015 kelas B yang memprogram mata kuliah Tari Pendidikan II, kurang mampu mengembangkan gerak, ratarata mahasiswa hanya mampu menerapkan 7 metode dari 16 metode yang dianjurkan. Adapun kendala meliputi : Kurangnya referensi dan perbendaharaan teknik dalam mengeksplorasi tubuh, kurangnya kepekaan intuitif pada diri mahasiswa, etos kerja kreatif mahasiswa rata-rata kurang gigih, dan waktu bimbingan yang sempit. Kata kunci: evaluasi, pengembangan motif gerak, dan koreografi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Mr Irfan Arifin |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 07:54 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 07:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11303 |
Actions (login required)
View Item |