Items where Division is "FAKULTAS MIPA" and Year is 2014

Up a level
Export as [feed] Atom [feed] RSS 1.0 [feed] RSS 2.0
Group by: Creators | Item Type | No Grouping
Jump to: A | B | D | E | F | H | I | J | K | L | M | N | P | R | S | T | Y
Number of items: 80.

A

AGUSTINA., AGUSTINA. (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran Kimia Model Learning cycle dengan pendekatan sainstifik pada materi reaksi reduksi oksidasi di kelas X SMA. ( Dibimbing oleh Dr H. Tabrani Gani, M.Pd., dan Drs. H. Munir Tanrere, M.Pd. ). S1 thesis, universitas negeri makassar.

ALI, NURFAEDAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik (studi pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattirosompe). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

AMALIYAH, AR, REZKI (2014) Eksplorasi Daya Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X-IPA SMA Neg. 1 Majene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

AMIN, ANITA (2014) Peningkatan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

AMRI, AMRI (2014) Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Model Problem Based Instruction. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

ANGGRAENI, RIANG (2014) Deskripsi Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Berpikir. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ANGGRIANi, IDRUS (2014) Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X1 SMAN 12 Cenrana Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Muh. Danial dan Muh Junda). S1 thesis, universitas negeri makassar.

ANSHARY, MUH. (2014) Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Antara Siswa yang Dibelajarkan Melalui Strategi Inkuiri Terintegrasi Model PBL (Problem Based Learning) dengan Strategi Inkuiri Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

ARIF, ARWIN (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

ARIFUDDIN, ARIFUDDIN (2014) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah Berorientasi Open Ended pada Siswa Kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ASHARI, MARSAL (2014) Profil Kemampuan Penalaran Spasial Peserta Didik MAN Pinrang Berdasarkan Perbedaan Gender. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Abdul, Haris (2014) KONTRIBUSI GURU MELALUI IKLIM KERJA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP DI KABUPATEN BANTANEG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Andi, Trisnowali MS (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan PAKEM Pada Kelas IX C3 SMP Negeri 7 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

Ariany, Rizka (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) (Studi Pada Kelas Akselerasi I SMPN 2 Unggulan Maros). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

B

BASRI, SYAMSURIANA (2014) Hubungan Kinerja Guru dan Minat dengan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

D

DWIWANSYAH MUSA, LISA ADITYA (2014) Deskripsi Level Berpikir Geometri menurut Teori Van Hiele berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

E

ERVIANA, LILIS (2014) Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri Di Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

EVAIRAWATI, EVAIRAWATI (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 5 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

F

FITRIANI, FITRIANI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

H

HALIM, ABDUL (2014) Penerapan Metode Resitasi Berbasis Kontekstual Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA E SMA Negeri 3 Palopo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

HALIM, ANDI UMAR (2014) ANDI UMAR HALIM. Analisis Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP di Kabupaten Bone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

HASNIH, HASNIH (2014) tudi Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

HENTIHU, VIVI RAHIM (2014) The Effectiveness of Mathematics Learning by Using Cooperative Learning Model of NHT, STAD, and TGT Types to Class VII Students at SMP Ummul Mukminin Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

HERAWATY I, RISNA (2014) Pengembangan Perangkat pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

HIDAYATI DARWIS, RAHMA (2014) Eksplorasi Hasil Belajar, Aktivitas Siswa dan Respon Siswa pada Penerapan Metode Kerja Kelompok dan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, Materi pokok Trigonometri. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hakim, Fauziah (2014) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran TAPPS terhadap Motivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hermayanti, Hermayanti (2014) Perbandingan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Menggunakan Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan PBI IPA Siswa SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

I

INTANG, NUR (2014) Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

IRWAN, IRWAN (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic kelas V SD negeri 173 inpres Mangngai Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

ISHAK, ISHAK (2014) Efektivitas Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 3 Polewali. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

J

JURANAH, JURANAH (2014) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Materi Pokok Segi Empat Siswa Kelas VII-5 SMPN 1 PANGSID. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

JUSMAN THARIHK, ANDI (2014) Pengembangan Instrumen Penilaiaan Praktikum Zoologi Invertebrata Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains di Laboratorium Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Jufri, Luthfiah (2014) Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Efikasi Diri dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

K

KASMIATI, KASMIATI (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 5 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Karaeng, Sujianta (2014) Peningkatan Aktivitas, Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Pendekatan Belajar Tuntas dengan Modul (PTK pada Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Tondon Toraja Utara). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Kasliyanto, Kasliyanto (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Regulasi Diri Dalam Belajar, Perilaku Belajar dan Kecemasan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

L

LA, Ode (2014) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA. S1 thesis, universitas negeri makassar.

LESTARI, DIAN (2014) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan dan Alternatif Pemecahannya di Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

M

MAPPE, I (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Operasi Himpunan Untuk Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Sidrap. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

MARWIAH, MARWIAH (2014) Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru Biologi dengan kualitas Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

MUH., SYIHAB IKBAL (2014) . Pengaruh Metode Guided Inquiry dan Pengetahuan Operasi Dasar Matematika dalam Praktikum Fisika Dasar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar (dibimbing oleh Ahmad Yani dan Nurhayati). S1 thesis, universitas negeri makassar.

MUJAHIDAH, MUJAHIDAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terintegrasi Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

MULYATI, MULYATI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Barru. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

MURNIATI, MURNIATI (2014) Upaya Meningkatan hasil Belajar Geografi Siswa MA Al-Junaidiyah Bone Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

Mahmud, Nurfadilah (2014) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Emosional melalui Kemampuan Berfikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Mardiah, Mardiah (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Kontekstual pada Peserta didik kelas XD MAN I Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Maru, Rosmini (2014) Estimation Prone Area Population Wanderer Locusts: Study in South Sulawesi. In: International conference On Education, Technology, And Sciences (ICETS 2014) "Natural Resources, Local Cultures and ICT as Strategic Inputs On Education Development", 19-20 November 2014, Jambi, Indonesia.

Musdalipa, Musdalipa (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Laboratorium Mini Pada Siswa Kelas V SDN 14 Biring Ere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

N

NUR, AZIZAH AWALIYAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 2 Pangkep (dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Kaharuddin Arafah). S1 thesis, universitas negeri makassar.

NURHAYATI, NURHAYATI (2014) Perbandingan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURSIAH, Hj. SITTI (2014) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Melibatkan Scaffolding Terstruktur (Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 3 Makassar). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

NURWIJAYA, SUGIAN (2014) Profil Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Watampone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

P

PONGKESSU, AGRIANI (2014) Pengembangan Media Presentasi Interaktif untuk Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

R

RIJAL, SYAMSU (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Namlea. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RISTIANI, RIA (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMAN 5 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RISTIANI, RIA (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Novick terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMAN 5 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RUSNAH, RUSNAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri I Suppa. (Study pada materi pokok system koloid). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

RUSTIANI, RUSTIANI (2014) Pengaruh Iklim Kelas, Inteligensi Intrapersonal dan Motivasi Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Sidrap. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ramadhana, Rizky (2014) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan STAD Turnamen dalam Aspek Motivasi, Sikap dan Hasil Belajar Materi Pokok Lingkaran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Ramli, Ramli (2014) Upaya Meningakatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (dibimbing oleh Ahmad Yani dan Rahmini Hustim). S1 thesis, universitas negeri makassar.

S

SAHARIAH, SITTI (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 11 Unggulan Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SAID, ANWAR (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Peta Konsep pada Materi Pokok Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SALMAH, SALMAH (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SAMSUMARLIN, SAMSUMARLIN (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Inkuri Berbantuan Media Geogebra Untuk Siswa Kelas XII IPA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SANTIARNI, SANTIARNI (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

SARFAN, ERNAWATI (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Setting Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Strategi Generatif Pada Materi Hidrolisis Garam. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SIRWANTI, SIRWANTI (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Linear Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Scientific dengan Media E-Learning di Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SRI, ANGGRIANI (2014) Pengaruh Model PBI (Problem Based Instruction) terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare (Dibimbing oleh Muris dan Aisyah Azis). S1 thesis, universitas negeri makassar.

SUGRAH, NURFATIMAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SUKIRAN, AGUS SUPLIHAT (2014) Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidrap. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SULSIAN, SULSIAN (2014) Improve Problem Solving Ability Students In Story Through Use of Media Cards and Poster To IV.A SD Inpres Perumnas I Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN (2014) Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII3 Di SMP Negeri 12 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

SYUFRI, MUHAMMAD (2014) Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Problem Posing Termodifikasi Setting Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 2 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

T

TABE, FITRIANI (2014) Pengembangan PerangkatAssesmenAutentikPadaTopikKlasifikasi Benda di SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

TADANUGI, FRANS ANDILEMBA (2014) Implementasi Lesson Study untuk Mengefektifkan Pembelajaran Himpunan dengan Pendekatan Scientific pada Siswa SMP Negeri 3 Lage Kabupaten Poso. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

THAHIRAH, THAHIRAH (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Synergetic Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di MTs. Negeri Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Y

YULIA, YULIA (2014) Deskripsi Pemahaman Konsep Geometri Berdasarkan Kemampuan Awal dan Gaya Belajar VAK Siswa Kelas VII SMPNegeriTerpadu Madani Palu. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

YURNI ULFA, ANDI (2014) Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru IPA Di Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Yusriadi, Yusriadi (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 24 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Yusuf, Mukhtar (2014) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

This list was generated on Wed Nov 22 19:40:15 2017 MSK.