KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM ATHIRAH 1 MAKASSAR

Sabrianti A. (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM ATHIRAH 1 MAKASSAR. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Athirah 1 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Athirah 1 Makassar yang berjumlah 133 orang yang terbagi ke dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan teknik acak berkelompok. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis statistik yang digunakan yaitu Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22 for windows pada taraf signifikan yaitu 95% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menulis teks eksplanasi dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dikategorikan tinggi. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 84% atau 21 orang siswa sedangkan siswa yang berada di bawah KKM 72 hanya 16% atau 4 orang siswa. Kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam menulis teks eksplanasi dengan penerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori rendah. Siswa yang berhasil mencapai KKM 72 sebesar 4% atau 1 orang siswa sedangkan siswa yang berada di bawah KKM sebesar 96% atau 24 orang siswa. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial jenis uji-t independent sample test diperoleh nilai t-hitung sebesar 8.833 dan t-tabel sebesar 2.010 atau thitung > ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Athirah 1 Makassar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:46
Last Modified: 03 Aug 2018 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9965

Actions (login required)

View Item View Item