Analisis Kesantunan Berbahasa Berbasis Gender dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Sidenreng Rappang

Rasyid, Rasmi (2018) Analisis Kesantunan Berbahasa Berbasis Gender dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Sidenreng Rappang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi prinsip kesantunan berbahasa berupa pematuhan dan penyimpangan maksim siswa terhadap guru berdasarkan perspektif gender dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 6 Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui pengamatan langsung, perekaman, dan pencatatan. Penentuan pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa didasarkan pada indikator kesantunan berbahasa yang diturunkan dari teori Leech.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah transkripsi data dari hasil rekaman; mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mengklarifikasi data; menyalin ke dalam kartu data; menganalisis kartu data; dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih sering melakukan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa kepada guru perempuan dibandingkan kepada guru laki-laki dan lebih sering melakukan penyimpangan kepada guru laki-laki dibandingkan kepada guru perempuan. Sedangkan siswa perempuan lebih sering melakukan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa kepada guru perempuan dibandingkan kepada guru laki-laki dan lebih sering melakukan penyimpangan kepada guru laki-laki dibandingkan kepada guru perempuan. Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, gender, prinsip kesantunan, interaksi pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:31
Last Modified: 27 Jul 2018 08:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item