Aras, Muhammad and Najib, Marhawati and Hasan, Muhammad (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAKALAR. Prosiding Seminar Nasional “Tellu Cappa” (Kontribusi untuk Pendidikan, Genetika Emas Indonesia), 1 (1). pp. 455-459. ISSN 978-602-5554-05-6
|
Text
PROSIDING-SEMNAS-TELLU-CAPPA-2.pdf Download (13MB) | Preview |
|
|
Text
Artikel-Pengaruh-Gaya-Belajar-Muhammad-Aras.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Takalar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Takalar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) 2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Takalar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) 3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Takalar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Takalar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi rank spearman menggunakan SPSS 21 dan microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan metode gaya belajar visual dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,891 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan metode gaya belajar auditorial dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,782 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan metode gaya belajar kinestetik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,933. Dari seluruh nilai koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) baik menggunakan metode gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif dari penelitian ini dinyatakan diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Muhammad Hasan |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 01:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 01:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9767 |
Actions (login required)
View Item |