Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas IX

Ardat, Asep (2018) Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas IX. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Penelitian Asep.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dengan memperhatikan gaya kognitif. Subjek penelitian sebanyak 2 orang siswa SMP dari kelas IX. Instrumen dari penelitian ini berupa tes GEFT(Group Embedded Figure Test) dan tes kemampuan koneksi matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan dua indikator kemampuan koneksi matematis yang diteliti. (1) Keterkaitan antar konsep matematika. (2) Keterkaitan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa sesuai dengan gaya kognitif yang dimilikinya pada materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu pada indikator pertama, subjek dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi sedangkan subjek dengna gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan koneksi matematis sedang. Pada indikator kemampuan koneksi matematis yang kedua, subjek dengan gaya kognitif field independent dan subjek dengan gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi. Kata kunci: gaya kognitif, kemampuan koneksi matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jul 2018 06:22
Last Modified: 17 Jul 2018 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item