Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Belajar Tutor Sebaya Siswa Kelas V MIS Lambupeo Kab. Jeneponto

Nurlindasari, Nurlindasari (2014) Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Belajar Tutor Sebaya Siswa Kelas V MIS Lambupeo Kab. Jeneponto. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurlindasari.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Nurlindasari. 2014. Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Belajar Tutor Sebaya Siswa Kelas V MIS Lambupeo Kab. Jeneponto. Skripsi jurusan bahasa dan sastra Universitas Negeri Makassar.dibimbing oleh Johar Amir dan Muhammad Saleh. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penerapan strategi belajar tutor sebaya dalam pelajaran bahasa indonesia khususnya membaca pemahaman danuntuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan strategi belajar tutor sebaya pada siswa kelas V Mis Lambupeo Kab. Jeneponto. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang melibatkan satu kelas yaitu seluruh siswa kelas V Mis Lambupeo sebanyak 16 orang siswa. Metode pengambilan sampel dengan total sampling. Hasil observasi dan evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan strategi belajar tutor sebaya memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V Mis Lambupeo kabupaten Jeneponto. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes, diperoleh nilai 6,5 pada tes pertama sebesar 47,75% dan pada tes kedua siswa yang memperoleh nilai 6,5 sebesar 87,50%, sehingga dapat dikatakan bahwa pelaksanaan skenario pembelajaran strategi belajar tutor sebaya sudah dapat dikatan berhassil. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran yaitu: 1. Disarankan kepada guru agar dalam memilih tutor tidak hanya memilih siswa yang memiliki kemampuan yang memiliki kemampuan menyelesaikan soal-soal dan juga siswa yang dipilih harus memiliki sesabaran dan kemampuan memotivasi teman-temannya dalam belajar. 2. Guru selalu membimbing tutor agar dapat menjelaskan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item