Penerapan Perancanaan Strategis dalam Penyusunan Program Pendidikan Di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang.

EVY SEGARAWATI, AMPRY (2015) Penerapan Perancanaan Strategis dalam Penyusunan Program Pendidikan Di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
EVY SEGARAWATI AMPRY.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK EVY SEGARAWATI AMPRY. 2013. Penerapan Perancanaan Strategis dalam Penyusunan Program Pendidikan Di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang. (Dibimbing oleh Bapak Husain Syam dan Bapak Hanafie Mahtika). Kewenangan daerah untuk melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan membawa sejumlah implikasi diantaranya bidang administrasi, kelembagaan, keuangan dan perencanaan. Dimana Perencanaan strategis dalam penyusunan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, dukungan mekanisme dan organisasi yang memadai, memiliki tenaga profesional dan dukungan data serta informasi yang relevan. Tujuan Penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui Perencanaan Strategis dan (ii) Penyusunan Program Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Renstra Kabupaten Enrekng 2009-2013, Kepala Dinas, Sekertaris Dinas, dan Kasubag Perencanaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Perencanaan Strategis dalam Penyusunan Program Pendidikan Di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang dapat disimpulkan bahwa: (i) Perencanaan strategis di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang melalui tahapan proses, identifikasi wewenang, perjelas misi, analisis swot, identifikasi isu-isu krusial, merumuskan strategi-strategi, mempelajari kembali strategi-strategi, membentangkan suatu visi, bentangkan rencana implementasi, evalusi strategi-strategi, Hal tersebut didukung oleh teori model perencanaan strategis oleh Bryson tentang sepuluh langkah strategis. (ii) Penyusunan Program Pendidikan ini mengacu pada dimensi waktu (Perencanaan Jangka Pendek), Dimensi Spasial (Perencanaan Regional), Dimensi Besaran (Perencanaan Mikro) dan Dimensi Jenis (Perencanaan Gabungan atas kebawah dan bawah keatas) yang saling berhubungan. ABSTRACT EVY SEGARAWATI AMPRY. 2013. The Implementation of Strategic Plan in Formulating Education Program at Youth and Sports Education Office in Enrekang District. (Supervised by Husain Syam and Hanafie Mahtika). Local authority to carry out development in the field of education brings a number of implications including the administrative, institutional, and financial planning. Where strategic planning in the preparation of educational programs according to the needs and potential of the region , support mechanisms and adequate organization, having professional and support data and relevant information.The Study aimed at discovering (i) the strategic plan at Youth and Sports Education Office in Enrekang district and (ii) the formulation of education program at Youth and Sports Education Office in Enrekang district. The type of the study was descriptive qualitative research. The study was conducted at Youth and Sports Education Office in Enrekang district. The main data sources of the study were strategic plan of Enrekang district in 2009-2013, the head of Youth and Sports Education office, the secretary of Youth and Sports Education Office, and head department of planning. Data were collected through observation, interview, and documentation. Data obtained were analyzed by employing descriptive qualitative method, namely data reduction, data presentation and data verification. The result of the study revealed that (i) the strategic plan at Youth and Sports Education Office in Enrekang district was conducted through the process stage, identification of authority, explanation on the mission, swot analysis, identification of crucial issues, formulation of strategies, re-studying the strategies, explanation on the vision, explanation on the implementation plan and evaluation on strategies. Those were supported by Bryson’s theory of strategic plan model on ten strategic plans; (ii) the formulation of education program referred to time dimension (short term plan), spatial dimension (regional plan), scale dimension (micro plan) and type dimension (mixed plan of upper-lower and lower-upper) which were connected one another.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:33
Last Modified: 15 Jul 2016 08:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item