PENGARUH SELF-DIRECTED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Rusdi, Muh. Rusdi (2018) PENGARUH SELF-DIRECTED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
5. Artikel Penelitian - Muh Rusdi.docx

Download (33kB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-directed Learning (SDL) dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 9 Maros. Self-directed Learning (SDL) membantu siswa untuk mempersiapkan segala kebutuhan belajarnya secara mandiri. Sedangkan disposisi matematis adalah apresiasi terhadap matematika yang membantu siswa untuk tekun dan ulet serta selalu merasa tertarik untuk belajar matematika.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 9 Maros tahun ajaran 2017/2018 dengan total 638 siswa. Sebesar 180 sampel diambil menggunakan teknik disproportionated stratified random sampling, dengan ukuran sampel tiap tingkatan kelas sebesar 60 sampel. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen skala bertingkat Self-rating Scale of Self-directed Learning(SRSSDL), angket disposisi matematis, dan tes hasil belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 24.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat SDL siswa berada pada kategori sedang, disposisi matematis siswa berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah. SDL dan disposisi matematis secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 9 Maros, dimana sebesar 18,66% dari hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh variabel SDL dan disposisi matematis secara bersama-sama. Secara parsial, variabel SDL mempengaruhi hasil belajar sebesar 5,38% dan variabel disposisi matematis mempengaruhi hasil belajar sebesar 4%. Setiap penambahan satu skor pada SDL akan memberikan peningkatan sebesar 0,164 terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan penambahan satu skor disposisi matematis akan memberikan peningkatan sebesar 0,281 terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Self-directed Learning, Disposisi Matematis, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:39
Last Modified: 10 Jul 2018 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item