KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Rusli, Rusmi Afriani (2018) KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Rusmi Afriani.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding siswa kelas VIII SMPN 33 Makassar. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 33 Makassar dan sampel penelitian yakni kelas VIIIB dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemberian scaffolding berada pada kategori aktif dengan rata-rata skor 3,33. Hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean sebesar 83,31 dengan standar deviasi 5,03. Rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan respons siswa berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,50. dan untuk model pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding aktivitas siswa berada pada kategori aktif dengan rata-rata skor 3,22. Hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 79,84 dengan standar deviasi 6,40. Rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, respons siswa berada pada kategori cenderung positif dengan skor rata-rata 3,48. Secara umum disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemberian scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pengajaran langsung dengan pemberian scaffolding siswa kelas VIII SMPN 33 Makassar. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pengajaran Langsung, Scaffolding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2018 05:46
Last Modified: 09 Jul 2018 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item View Item