Implementasi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (Studi kasus pada SMP Negeri 2 Tinambung)

ASWAN, DINAR (2015) Implementasi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (Studi kasus pada SMP Negeri 2 Tinambung). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Aswan Dinar.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK ASWAN DINAR. Implementasi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (Studi kasus pada SMP Negeri 2 Tinambung). Dibimbing oleh Chalid Imran Musa dan Andi Agustang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Masalah pokok adalah: (1) gambaran kepemimpinan situasional yang cenderung diterapkan oleh kepala SMP Negeri 2 Tinambung, (2) gambaran perkembangan kematangan staf personil pada SMP Negeri 2 Tinambung. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan pegawai pada SMP Negeri 2 Tinambung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah: data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala SMP Negeri 2 Tinambung dalam mempengaruhi staf personilnya cenderung menggunakan pendekatan gaya delegasi. Hasil analisis tingkat kematangan guru SMP Negeri 2 Tinambung menggambarkan, bahwa umumnya guru mempunyai kemampuan memadai yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, dan juga punya kemauan atau komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Hasil analisis tingkat kematangan pegawai SMP Negeri 2 Tinambung menggambarkan, bahwa sebagian besar pegawai punya kemampuan memadai yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan padanya, dan juga punya kemauan atau komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Keberhasilan yang dicapai selama ini oleh SMP Negeri 2 Tinambung dengan sejumlah prestasi akademik dan non akademik, adalah salah satunya karena didukung oleh tingginya tingkat kemampuan dan kemauan staf personil dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. ABSTRACT Aswan Dinar. 2013. The implementation of situational Leadership of the principal (A Case study at SMPN 2 Tinambung) supervised by Chalid Imran Musa and Andi Agustang. The study employed qualitative approach with a case study type.The study aimed at discovering (1) the description on situational leadership applied by the principal at SMPN 2 Tinambung, (2) the description on the development of the maturity of staff personnel at SMPN 2 Tinambung. The data sources of the study were teacher and employees at SMPN 2 Tinambung who were selected by employing purposive sampling technique. Data were collected through oservation, interview, and documentation. Data then were analyzed by conducting sveral steps, namely data collection, data reduction, data display, and verification. The result of the study indicated that the principal at SMPN 2 Tinambung tended to used delegation style influencing his staff personnel. The result if analysis on the level maturity of the teachers at SMPN 2 Tinambung revealed that in general teachers have adequate competence to conduct the given tasks as well as have willingness and high commitment to complete tasks under their responsibilities. The succesfulness achieved at SMPN 2 Tinambung with several academic and non academic achievement were due to the level of competence and the willingness of the staff personnel in completing tasks under their responsibilities.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:32
Last Modified: 15 Jul 2016 08:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item