Kemampuan Mendongeng dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang

Syahrul, Isriwanda (2018) Kemampuan Mendongeng dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ISRIWANDA SYAHRUL - 1655045016 JURNAL.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mendongeng dalam bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri I Baranti. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Baranti. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baranti yang berjumlah 80 siswa. Adapun sampelnya adalah 66 siswa yang dipilih menggunakan Simple Random Sampling berdasarkan aturan praktis dalam bentuk tabel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif diperoleh belum mencapai standar pencapaian yang ditentukan yaitu 75% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 75. Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa keseluruhan berada pada taraf rendah dimana hasil penilaian terdapat 5 siswa dengan persentase 8% memperoleh nilai ≥75 dan 61 siswa dengan persentase 92% yang memperoleh nilai ≤75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mendongeng dalam bahasa Bugis masih perlu ditingkatkan. Hal tersebut disebabkan karena minimnya pengetahuan siswa tentang teknik bercerita yang baik dan benar khususnya mendongeng dalam bahasa Bugis. Kata Kunci : Kemampuan, Mendongeng, Bahasa Bugis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:25
Last Modified: 06 Jul 2018 08:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item