Kinerja Pengawas Sekolah di SD Kecamatan Soreang Kota Parepare

SUHARAH (2013) Kinerja Pengawas Sekolah di SD Kecamatan Soreang Kota Parepare. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata kondisi yang ada terhadap kinerja pengawas sekolah dasar dalam meningkatkann mutu pendidikan di Kecamatan Soreang dengan cara mendiskripsikan kinerja pengawas sekolah dasar ditinjau dari supervisi monitoring dan evaluasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dipilih jenis penelitian kualitatif. Informan yang dipergunakan diambil secara bertujuan yang meliputi Kepala Sekolah, guru dan pengawas sekolah Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa (kinerja pengawas sekolah dasar ditinjau dari supervisi, monitoring dan evaluasi sudah terlaksana dengan baik. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh responden yaitu guru menggunakan media pembelajaran dalam mengajar, memberikan penilaian kepada siswa baik itu penilaian dengan melalui tes maupun penilaian dengan mengamati tingkah laku siswa, Rencana program jelas telah di susun sesuai dengan program untuk meningkatkan pendidikan disekolah perlu memperhatikan berbagai hal diantaranya sarana prasarana, peningkatan aktivitas guru serta kompetensi mereka dalam mengajar baik penggunaan metode maupun model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran. Perlu diadakan evaluasi karena dengan melakukan evaluasi pembelajaran pada siswa kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan anak-anak tersebut. Kepala sekolah wajib mengetahui tugas apa saja yang dilakukan oleh guru dilapangan. Pada monitoring guru, kompetensi merupakan modal utama yang harus dimiliki. Perangkat pembelajaran yang dimiliki guru terlebih dahulu diperiksa. Pengawas sekolah mengemukakan hampir semua kompetensi yang ada pada guru perlu ditingkatkan, utamanya adalah bagaimana mereka mengajar didepan kelas sehingga siswa termotivasi, tertarik untuk belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2018 03:33
Last Modified: 28 Jun 2018 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9362

Actions (login required)

View Item View Item