SYAMSUDDIN, SYAMSUDDIN (2018) Pengembangan ModelPendidikan Inklusif Berbasis KearifanLokal pada Sekolah Dasar di Kota Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum terlaksananya pendidikan inklusif di Kota Makassar secara optimal. Adapun rumusan masalah penelitian ini: (1) bagaimana gambaran analisiskebutuhan pengembangan model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada Sekolah Dasar di Kota Makassar? (2) bagSYASMSUaimana gambaran model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal yang valid dan praktis digunakan pada SekolahDasardi Kota Makassar? (3) bagaimana keefektifanmodel pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada SekolahDasardi Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) analisiskebutuhan pengembangan model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada Sekolah Dasardi Kota Makassar (2) model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal yang valid, praktis dan efisien untuk digunakan pada SekolahDasardi Kota Makassar,(3) keefektifan model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada SekolahDasardi Kota Makassar. Penelitianiniadalah penelitan pengembangan (R&D)dengandesain penelitian menurut Borg & Gall.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancara, observasi, angketdan FGD.Data yang diperolehselanjutnyadianalisisdengandeskriptifnaratifdanstatistikinferensial non parametrikmelaluibantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) dibutuhkan pengembangan model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada jenjang Sekolah Dasardi Kota Makassar dalam upaya memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus, 2) Pengembangan model pendidikan inklusif berbasis kearifan lokal pada Sekolah Dasar di Kota Makassar berlangsung secara bertahap dimulai dari tahap persiapan, perancangan dan validasi ahli sehingga pada akhirnya tercipta suatu model yang diberi nama Pedoman Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifan Lokal yang disingkat dengan PedomanPIBKAL yang dinilai telah memenuhi kevalidan dan kepraktisan untuk digunakan, 3) Pedoman PIBKAL efektif digunakan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif pada SekolahDasar di Kota Makassar. Kata kunci: Pendidikan Inklusif, Kearifan Lokal, PedomanPIBKAL
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 06:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9317 |
Actions (login required)
View Item |