Perbandingan antara Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 2 Unggulan Maros

Hanike, Yusrianti (2013) Perbandingan antara Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 2 Unggulan Maros. Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat perbandingan, populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Unggulan Maros yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa sebanyak 132 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling untuk menentukan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sehingga terpilih kelas VIIIA dan kelas VIIIC sebagai sampel penelitian, yang dalam setiap kelas tersebut terdiri dari 24 siswa dan 28 siswa. Data dikumpulkan dengan memberikan tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa yang diberikan pada kedua kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statisitika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP mempunyai skor rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 70,29 dari skor ideal 100 yang dikategorikan “tinggi” dengan standar deviasi sebesar 15,50, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS diperoleh sebesar 55,98 dari skor ideal 100 yang dikategorikan “tinggi” dengan standar deviasi sebesar 14,95. Hasil analisis data statistika inferensial menggunakan T-Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.001<α=0.05, sehingga H_0 ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model MMP dan siswa yang diajar dengan model Kooperatif tipe TPS, dalam hal ini diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran MMP lebih baik dibandingkan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:18
Last Modified: 25 Jun 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item