Pelaksanaan Pembelajaran Homeschooling Di Kota Makassar

TORRO, SUPRIADI (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Homeschooling Di Kota Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Supriadi Torro.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui (1) latar belakang keluarga memilih homeschooling; (2), bentuk pelaksanaanhomeschooling dan (3) tantangan dan kendala yang dihadapi keluarga dalam melaksanakan homeschoolimg.Penelitian dilakukan secara kualitatif melaluitehnik snowball. Data dikumpulkan melalui observasi pada 8 keluarga, namun hanya 5 yang menjadi fokus dan dilanjutkan dengan wawancaran dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang keluarga memilih homeschoolingadalah dorongan internal dan eksternal dalam keluarga. Secara internal keluarga ingin memperkuat moral dan karakter anak sedangkan eksternal kondisi sekolah formal yang kurang membelajarkan anak. Sistem pelaksanaanhomeschooling, didasarkan pada pilihan kurikulum, metode dan evaluasi yang di lakukan keluarga. Dalam memilih kurikulum, ada yang terstruktur dan mengikuti kurikulum nasional dan ada pula yang tidak terstruktur dan mereka sekadar belajar saja. Metode yang dipraktikkan adalah school at home, unit studi, Charlotte Masson, Montessori dan unschooling. Sistem evaluasi yang dilakukan keluarga homeschoolingjuga terbagi dua, yaitu yang tidak ketat dan kualitatif, dan yang terstruktur melalui sejumlah cara termasuk memberi ulangan. Tantangan yang dihadapi keluarga homeschooling terbagi menjadi dua, yaitu tantangan internal yang berasaldari orangtua dan anak itu sendiri dan tantangan eksternal dari masyarakat atau keluarga lainnya. Secara internal, tantangan homeschoolingadalah menjalankan secara konsisten prinsip homeschooling. Sedangkan secara eksternal, tantangan homeschooling bersumber pada pandangan skeptis masyarakat atau keluarga lainnya bahwa pendidikan hanya melalui sekolah dan anak yang tinggal di rumah tidak memiliki masa depan yang baik. Kata Kunci : Homeschooling, Kurikulum, Metode, Evaluasi, dan Tantangan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:40
Last Modified: 22 Jun 2018 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item