Analisis Pelaksanaan Permainan Kreatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di Tk Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa

PRATIWI, WIWIK (2013) Analisis Pelaksanaan Permainan Kreatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Di Tk Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermain merupakan kebutuhan yang paling mendasar yang diberikan kepada anak agar anak dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya,mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh anak tentunya tidak lepas peranan seorang guru memberikan permaian yang kreatif untuk anak sehingga nantinya akan dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuannya khususunya kemampuan kognitif. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Mengetahui gambaran pelaksanaan permainan kreatif di TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa? (ii) Faktor apa yang memepengaruhi pelaksanaan permainan kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa? (iii) Bagaiman tanggapan guru terhadap terhadap permainan kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Mengetahui gambaran pelaksanaan permainan kreatif di TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. (ii) Untuk mengetahui faktor apa yang memepengaruhi pelaksanaan permainan kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.(iii) Untuk mengetahui tanggapan guru terhadap terhadap permainan kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara (mendalam), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) Gambaran pelaksanaan permainan kreatif di TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa sudah terlaksana namun belum optimal.(ii) Faktor yang mempengaruhi yaitu; Peranan guru sudah optimal dimana pada pelaksanaanya guru berperan sebagai motivator,fasilitator,informator,organisator dan konselor ;Lingkungan kelas yang ada di TK Pusat Paud Renggang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa tidak kondusif. (iii) Tanggapan guru terhadap permaian kreatif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak guru menyadari bahwa perlunya dan pentingnya pemberian permaian kreatif khususunya dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:21
Last Modified: 22 Jun 2018 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item