Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penggunaan Multimedia Berbasis TIK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lappariaja

MUHARRAM (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penggunaan Multimedia Berbasis TIK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lappariaja. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus berlangsung sebanyak empat kali pertemuan dan satu kali evaluasi, dengan materi lingkaran (SK : Menentukan unsur, bagian-bagian lingkaran serta ukurannya, KD : (i) Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran, (ii) Menghitung keliling dan luas lingkaran, (iii) Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone sebanyak 24 siswa dengan rincian 17 perempuan 7 laki-laki.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat kualitas pembelajaran matematika melalui penggunaan multimedia berbasis TIK. Indikator yang digunakan adalah (1) Skor tes hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar pada setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melebihi KKM 65, (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran minimal berada pada kategori tinggi, (3) Keterlaksanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar minimal berada pada kategori baik, dan (4) Respons siswa terhadap proses belajar mengajar yang mereka alami dengan pembelajaran melalui penggunaan multimedia berbasis TIK minimal 70%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui penggunaan multimedia berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai atau melebihi KKM 65; (2) pembelajaran melalui penggunaan multimedia berbasis TIK dapat meningkatkan aktivitas siswa yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa mencapai kategori sangat tinggi (4,68); (3) keterlaksanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar berada pada kategori baik (4,36); (4) Respons siswa terhadap pembelajaran melalui penggunaan multimedia berbasis TIK yang dialaminya mencapai rata-rata 91,7%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jun 2018 06:55
Last Modified: 22 Jun 2018 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9280

Actions (login required)

View Item View Item