PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X3 SMA NEGERI 1 MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

ANITA, SASMITA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X3 SMA NEGERI 1 MALLUSETASI KABUPATEN BARRU. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ANITA SASMITA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Anita Sasmita, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X.3 SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Pembiming I oleh Drs. H. Abd. Hakim Landoho M.Si dan Pembimbing II oleh Dr. Muhammad Rakib S.Pd, M.Si. Dari observasi awal diketahui bahwa peserta didik kelas X.3 SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar serta kurangnya motivasi belajar peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya. Hal ini menyebabkan sebagian besar peserta didik tidak dapat mencapai nilai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, bagaimana gambaran aktivitas peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakian model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan bagaimana respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X.3 SMA Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.3 SMA Negeri 1 Malusetasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation kelas X.3 dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada standar kompetensi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi yang ditandai dengan tingkat motivasi belajar peserta didik, keaktifan peserta didik, kualitas peserta didik serta konsentrasi peserta didik terhadap materi pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I jumlah peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 15 orang dari 25 jumlah peserta didik atau 60 persen sedangkan pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 23 orang dari 25 jumlah peserta didik atau 92 persen. Sebagai tindak lanjut disarankan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam proses belajar mengajar dan bagi pendidik dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebagai pertimbangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jun 2018 05:34
Last Modified: 22 Jun 2018 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item View Item