Penerapan Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami Konsumsi, Tabungan Dan Ivestasi Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Makassar

Arifai, A. Ajeng Hasbiana (2016) Penerapan Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami Konsumsi, Tabungan Dan Ivestasi Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB1 AJENG.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Dari observasi awal diketahui bahwa siswa kelas X.2 SMA Negeri 13 Makassar kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa tidak dapat mencapai nilai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, bagaimana gambaran aktivitas siswa dan pendidik dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, bagaimana hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi dengan menggunakian model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan bagaimana respon Siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together untuk meningkatkan Keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X.2 SMA Negeri 13 Makassar. Dimana subjek penelitian adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 13. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together kebijakan pemerintah di bidang ekonomi yang ditandai dengan hasil belajar siswa, keaktifan siswa, terhadap materi pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sebagai tindak lanjut disarankan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam proses belajar mengajar dan bagi pendidik dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together sebagai pertimbangan dalam meningkatkan hasilbelajar siswa Berdasarkan analisis data diatas maka dapat disimpulkan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan Keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X.2 SMA Negeri 13 Makassar. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:39
Last Modified: 07 Jun 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9216

Actions (login required)

View Item View Item