Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII a Dalam Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba

MIRSA,, ANDI (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII a Dalam Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

2013. . Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Type Group Investigation (TGI) di kelas VII A SMP Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A sebanyak 32 orang pada semester II tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (TGI). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, menggunakan pedoman observasi yang dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation . Model pembelajaran kooperatif Type Group Investigation yang digunakan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas yang berbeda untuk diselesaikan melalui diskusi antar teman kelompok. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator yang sangat penting bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil yang telah dicapai dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation yang dilaksanakan selama 2 siklus adalah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan siklus I dan siklus II dari kelima indikator yang telah ditentukan yaitu pada siklus I dengan indikator pertama kemampuan siswa menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu tidak ada yang dikategorikan sangat tinggi, di siklus II terdapat 15 orang sangat tinggi. Siklus I indikator kedua, antusias dalam mengikuti proses belajar, terdapat 1 orang sangat tinggi, di siklus II terdapat 14 orang sangat tinggi. Siklus I indikator ketiga, kreatif dalam menuangkan ide dan saling bertukar pendapat, tidak ada yang dikategorikan sangat tinggi, di siklus II terdapat 13 orang sangat tinggi. Siklus I indikator keempat, siswa lebih aktif dan mampu menciptakan kerjasama yang baik dengan temannya terdapat 1 orang sangat tinggi, di siklus II terdapat 14 orang sangat tinggi. Siklus I indikator kelima, timbulnya keinginan dan keberanian siswa dalam bertanya saat diskusi Data di atas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II di kelas VII a dalam mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Jun 2018 05:46
Last Modified: 07 Jun 2018 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9210

Actions (login required)

View Item View Item