Bastiana, Bastiana (2016) PENDIDIKAN INKLUSI: PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Proceeding: Tantangan Baru Pembangunan dan Pelembagaan Kebijakan Sosial di Indonesia (1). pp. 855-863. ISSN 978-979-796-177-0
Text
FULL PAPER APSSI MANADO; PENDIDIKAN INKLUSI. PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.docx Download (27kB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kekhususan atau kekurangan dari segi pisik, mental, intelegensi, dan sosial. Akibat kekhususan yang dimilikinya, anak berkebutuhan khusus tidak dapat dengan mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain dalam lingkungannya, cenderung menarik diri dari lingkungan dan pada akhirnya menjadi kelompok yang termarginalkan. Akibatnya anak berkebutuhan khusus akan kehilangan akses untuk mengembangkan potensi yang masih dimilikinya untuk tumbuh dan berkembang sebagaimana layaknya sebayanya. Agar mereka tidak menjadi kelompok marginal, mereka harus mendapat perlindungan sosial. Perlindungan sosial terhadap kelompok marginal dapat dilakukan sedini mungkin oleh orang lain tetapi yang lebih penting adalah perlindungan terhadap diri sendiri. Pendidikan inklusi adalah salah satu bentuk perlindungan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus melalui melalui layanan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta berinteraksi dengan teman sebayanya. Melalui pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus dapat mengaktualisasikan potensinya, menumbuhkan rasa percaya diri, tidak tergantung kepada orang lain dan pada akhirnya menjadi bagian dari masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Dr Bastiana Bastiana |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 03:54 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 03:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9131 |
Actions (login required)
View Item |