Efektifitas Penerapan Konseling Sebaya dengan Teknik Client-Centered Therapy dalam Mengatasi Permasalahan Pribadi Siswa di SMA Negeri 8 Makassar.

Herawati, Herawati (2011) Efektifitas Penerapan Konseling Sebaya dengan Teknik Client-Centered Therapy dalam Mengatasi Permasalahan Pribadi Siswa di SMA Negeri 8 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HERAWATI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Herawati, 2011. Efektifitas Penerapan Konseling Sebaya dengan Teknik Client-Centered Therapy dalam Mengatasi Permasalahan Pribadi Siswa di SMA Negeri 8 Makassar. (dibimbing oleh komisi penasehat M. Arifin Ahmad dan Kustiah Sunarty) Penelitian ini menelaah pemanfaatan Konseling Sebaya dengan menggunakan teknik client-centered therapy sebagai teknik dalam bimbingan dan konseling untuk mengentaskan permasalahan pribadi siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah gambaran permasalahan pribadi siswa sebelum pelaksanaan konseling sebaya, (2) bagaimanakah gambaran permasalahan pribadi siswa sesudah pelaksanaan konseling sebaya, (3) bagaimanakah efektivitas konseling sebaya dengan teknik client-centered therapy dalam mengatasi masalah pribadi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen terhadap 40 subjek penelitian yang dibagi kedalam kelompok kontrol sebanyak 20 orang dan kelompok eksperimen 20 orang yang merupakan siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Makassar . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen Alat Ungkap Masalah (AUM) dan Pedoman Observasi. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa: (1) permasalahan pribadi siswa sebelum diberikan konseling sebaya berada pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah, (2) permasalahan pribadi siswa sesudah diberikan konseling sebaya berada pada kategori sangat rendah, dan (3) konseling sebaya dengan teknik client-centered therapy efektif dalam mengatasi masalah pribadi siswa di SMA Negeri 8 Makassar. ABSTRACT HERAWATI. 2011. The Effectivity of the Implementation of Peer Counseling with Client-Centered Therapy Tehnique to Overcome Students’ Personal Problems at SMAN 8 Makassar (supervised by M.Arifin Ahmad and Kustiah Sunarty). This study aims at examining the implementation of peer counseling with Client-Centered Therapy as a technique in guiding and counseling to overcome students’ personal problems at SMAN 8 Makassar. The problem statements of this studi are (1) how is the description on students’ personal problems before implementing peer counseling, (2) how is the description on students’ personal problems after implementing peer counseling, and (3) how to effectivity peer counseling with client-centered therapy technique to solve students’ personal problems at SMAN 8 Makassar. This studi employed experiment method toward 40 research subjects consisted of 20 students for control group and 20 students for the experiment group. They were all students of grade XI at SMAN 8 Makassar. Data was collected by using problem instrument and observation guidance. Data was analyzed by employing descriptive analysis and inferential analysis which revealed that (1) student’s personal problems before having peer counseling was in fair, low and extremely low category, (2) students personal problem’s after having peer counseling was in extremely low category, and (3) peer counseling with client-centered therapy tehnique efektive to solve student’s personal problems at SMAN 8 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:16
Last Modified: 15 Jul 2016 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item