Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa

KHATIMAH, KHUSNUL KHATIMAH (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
KHUSNUL KHATIMAH 1392040019 JURNAL(2).pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scramble (X) dan hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Gowa tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 165 siswa, sedangkan penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik puposive sampling dengan sampel sebanyak 33 orang siswa. teknik pengunpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y= 60,778+1,621X dimana konstanta dengan nilai 60,778 yang berarti bahwa jika model pembelajaran scramble nilainya nol, maka hasil belajar akuntansi tetap ada sebesar 60,778 sedangkan koefisien regresi X sebesar 1,621 bernilai positif, yang berarti bahwa jika model pembelajaran scramble mengalami peningkatan 1 satuan, maka hasil belajar juga akan mengalami peningkatan sebesar 1,621. Selanjutnya diperoleh korelasi antara model pembelajaran scramble dan hasil belajar dengan koefisien yaitu 0,641 kemudian dikonsultasikan pada tabel interpretasi berada pada interval 0,600 – 0,799 kategori kuat. Hal ini berarti terdapat korelasi positif antara model pembelajaran scramble dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa. Diperoleh pula nilai koefisien determinasi yaitu 0,411 atau setara 41,1 persen. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran scramble berkontribusi sebesar 41,1 persen terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa dan 58,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Maka dengan memperhatikan sig.(2-tailed) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 5 di SMK Negeri 1 Gowa, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 May 2018 06:52
Last Modified: 28 May 2018 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9004

Actions (login required)

View Item View Item