Peran Guru dalam Penerapan Tata Tertib Sekolah pada SMA Neg. 1 Malangke Kec. Malangke Kab. Luwu Utara

Yani, Ida (2016) Peran Guru dalam Penerapan Tata Tertib Sekolah pada SMA Neg. 1 Malangke Kec. Malangke Kab. Luwu Utara. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tindakan guru dalam menerapkan tata tertib Sekolah pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. 2) Sikap guru menyikapi peserta didik yang melakukan pelanggaran tata tertib Sekolah pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tata tertib Sekolah pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (Guru BK, Wakasek bagian Kesiswaan, dan Kepala Sekolah) dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tindakan guru dalam menerapkan tata tertib Sekolah pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara adalah dengan melakukan sosialisasi kepada setiap peserta didik seperti melakukan sosialisasi pada saat MOS dan pada saat tahun ajaran baru namun selain itu guru juga berusaha meningkatkan sosialisasi dengan cara mengingatkan peserta didik tentang tata tertib sekolah pada saat upacara bendera, apel pagi dan sosialisasi di kelas oleh guru BK. 2) Sikap guru dalam menyikapi peserta didik yang melakukan pelanggaran pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara adalah melakukan pendekatan persuasif berupa teguran lisan disertai dengan sanksi tambahan seperti memungut sampah dan membersihkan pekarangan sekolah. Di samping itu, guru tetap mempertimbangkan alasan mengapa peserta didik melakukan pelanggaran. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tata tertib Sekolah pada SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara yaitu a) Kurangnya partisipasi sebagian guru, b) Kurangnya Sarana dan Prasarana, dan c) Kurangnya pemahaman terhadap tata tertib Sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 07:32
Last Modified: 24 May 2018 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8931

Actions (login required)

View Item View Item