Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Babussalam Kecamatan Bontoharu Kab. Selayar

Fitriani, Andi (2013) Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII SMP Babussalam Kecamatan Bontoharu Kab. Selayar. Diploma thesis, FSD.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK 2013. . Skripsi ini Dibimbing oleh: Dr. H. Karta Jayadi M,Sn, Drs. H. Ali Ahmad Muhdy, M.Pd. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya pemahaman guru tentang metode demonstrasi dalam pembelajaran seni budaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menggambar bentuk melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VII SMP babussalam kecamatan bontoharu kabupaten selayar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Kemampuan Menggambar bentuk Melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VII SMP babussalam Kecamatan Bontoharu Kabupaten Selayar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas VII SMP Babussalam yang berjumlah 29 murid plus guru. Fokus penelitian ini adalah penerapan Metode Demonstrasi terhadap guru dan siswa, serta hasil belajar yang ingin di tingkatkan. Teknik pengumpulan data yaitu secara kualitatif yang meliputi observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan pengumpulan data secra kuantitatif yang meliputi pengumpulan data mengenai hasil belajar siswa dari tes hasil evaluasi pada akhir siklus. Analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktifitas guru dan siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar dengan menggunakan Metode demonstrasi dalam pembelajaran Seni budaya. Peningkatan itu dapat terlihat pada setiap siklus ke siklus. Siklus satu tingkat penguasaan siswa yang awalnya kurang dapat meningkat menjadi cukup (C), dan siklus dua tingkat penguasaan siswa Sangat Baik (SB), dengan nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan sesuai dengan yang diharapkan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dalam pembelajaran seni budaya yang diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Babussalam kecamatan bontoharu kabupaten Selayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 06:51
Last Modified: 24 May 2018 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item