Keefektifan Metode Bermain Kartu Kata dalam Pengajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres 7/83 Kalero Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone

Herlina, Hasra (2012) Keefektifan Metode Bermain Kartu Kata dalam Pengajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres 7/83 Kalero Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HERLINA HASRA.doc

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Herlina Hasra. 2012. “Keefektifan Metode Bermain Kartu Kata dalam Pengajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres 7/83 Kalero Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone”. Dibimbing oleh Kamaruddin dan Muhammad Rapi Tang. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penerapan metode bermain kartu kata dalam pengajaran membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres 7/83 Kalero Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen jenis true experimental design. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dalam penelitian ini varibel yang akan diselidiki adalah penerapan metode bermain kartu kata dan pengajaran membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penggunaan metode bermain kartu kata terhadap kemampuan membaca pemahaman meningkat. siswa dan guru merespons positif pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran tidak lagi terkesan monoton dan membosankan, sehingga pengajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Dari hasil penelitian, skor rata-rata kemampuan membaca yang dicapai responden sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen adalah sebesar 75,10 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,657. Sedangkan skor kemampuan membaca responden secara individual mulai dari skor minimum 60 sampai dengan skor maksimum 83 atau tersebar dalam rentang (range) sebesar 23. Sementara pada kelas kontrol, hasil analisis deskriptif dapat diuraikan ringkasan statistik kemampuan membaca yang dicapai responden pada kelas kontrol adalah sebesar 76,20 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,303. Sedangkan skor kemampuan membaca responden secara individual mulai dari skor minimum 67 sampai dengan skor maksimum 85 atau tersebar dalam rentang (range) sebesar 18. ABSTACT HERLINA HASRA. 2012. The Effectiveness of Word Flash Card Games in Teaching Reading Cofrehesion of Grade V Students at SD Inpres 7/83 Kalero in Kajuara Subdistrict of Bone District (supervised by Kamaruddin and Muhammad Rapi Tang). The study aims at examining the effectiveness on the application of playing method of word flash card in teaching reading cofrehesion of grade V students at SD Inpres 7/83 Kalero in Kajuara of subdistrict of Bone district. This study is an experiment research with true experimental design. The study employed two variables, namely the independent variable and dependent variable. The variable studied on this study was the application of playing method of word flash card in teaching reading cofrehesion of the students. The result of the study reveal that the students ability in understanding reading on the experiment class, which were given the treatment using playing method of word flash card, improved; student and teacher gave positive response on the teaching and learning process; the implementation of learning was no more monotonous and boring so the learning can improve students’ ability in understanding reading. Based on the result of the study, the average score of reading ability of the respondents before the treatment on the experiment class was 75.10 out of 100 by the deviation standard 6.657; whereas the score of reading ability of the respondents individually was started from the minimum score 60 to the maximum 83 or was in range of 23; while on the control class, the result of descriptive analysis can be described with statistical summary of understanding reading achieved by the respondents was 76.20 out of the ideal score 100 by the deviation standard 6.303; whereas, the score of understanding reading individually started from the minimum score 6 to the maximum 85 or on the range of 18.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:59
Last Modified: 15 Jul 2016 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item