Keefektifan Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar

Nur, Asmah (2014) Keefektifan Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NUR ASMAH.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK NUR ASMAH, 2014. “Keefektifan Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, Dibimbing oleh H. Muh. Taufik, dan Hajrah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode hypnoteaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang, Kabupaten Takalar.Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang, Kabupaten Takalar tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 246 siswa dan terdiri atas delapan kelas. Dalam penelitian ini, ditetapkan jumlah sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Jadi, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster randon sampling dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai kemampuan yang sama. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, peneliti menggunakan metode hypnoteaching kemudian siswa diberi tes menulis puisi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang diolah dengan bantuan aplikasi komputer Statistical Program for Social Science (SPSS) for windows evaluations 20.0. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh temuan bahwa metode hypnoteaching efektif digunakan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Hal tersebut dinyatakan karena jumlah nilai rata-rata siswa 91,21 dengan nilai terendah 81. Metode ini membuat siswa dapat dengan mudah menulis sebuah puisi dengan pilihan kata (diksi) yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia SMP Negeri 1 Mangarabombang kabupaten Takalar dapat menerapkan metode hypnoteaching sebagai salah satu metode dalam menulis puisi karena metode ini dapat menghilangkan mental blok, siswa lebih dapat berimajinasi dan berfikir kreatif, menumbuhkan rasa percaya diri sehingga siswa dapat dengan mudah menguasai meteri dan menulis sebuah puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item