Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Kekhususan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar

AKRAM, NUR (2014) Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Kekhususan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AKRAM NUR.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK AKRAM NUR. 2013. Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Kekhususan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Pembimbing I Ahyar Anwar serta Pembimbing II Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media peta konsep pohon jaringan pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 170 orang yang tersebar pada 6 kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design bentuk posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling (random kelas), kelas X1 dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil tes tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen berada pada kategori rendah dengan nilai 6,22, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai 8,67. Adapun peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 2,45. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa; (2) nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan nilai 6,03, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai 6,72. Adapun peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas kontrol yaitu sebesar 0,69. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa tetapi tidak signifikan; (3) media peta konsep pohon jaringan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Hal tersebut dibuktikan dari thitung sebesar 8,488 > ttabel sebesar 2,00 atau thitung > ttabel yang berarti H1 diterima. Secara deskriptif juga diperkuat oleh peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test), yaitu sebesar 2,45. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: (1) Guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media peta konsep pohon jaringan dalam proses pembelajaran menulis cerpen, karena media ini efektif digunakan; (2) Guru bahasa Indonesia hendaknya lebih meningkatkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memberikan latihan kepada siswa pada pembelajaran menulis cerpen; (3) Siswa hendaknya membuat peta konsep sendiri untuk membantu dalam belajar; (4) Siswa hendaknya meluangkan waktu untuk mempelajari dan memahami pengetahuan atau konsep-konsep tentang cerpen. ABSTRACT AKRAM NUR. 2013. The Effectiveness of the Utilization of Concept Map Media of Network Tree on Writing Short Story Learning of X Grade Students at SMA Negeri 1 Labakkang of Pangkep Regency. (Supervised by Ahyar Anwar and Muhammad Saleh). This research aimed to describe the effectiveness of the utilization of concept map media of network tree on writing short story learning of X grade students at SMAN 1 Labakkang of Pangkep Regency with as many as 170 students spread in 5 classes. Design used in the study was true experimental design inposttest-only control design. Samples of the study were 56 students. The samples were selected using random sampling technique and obtained class X1 as the experiment group and class X2 as the control group. Data were collected using test technique. The results of the test were analyzed by employing descriptive statistics analysis and inferential statistics analysis. The results of the study revealed that (1) the average of pretest of the experiment class was in low category by 6,22, whereas the average of post-test was in extremely high category by 8,67. The improvement of short story writing skills of the experiment class was 2,45 which indicated that there was significant improvement on short story writing skills of students; (2) the average score of pretest of the control class was in low category by 6,03, whereas, the average of the post-test was in fair category by 6,72. The improvement of short story writing skills of the control class was 0,69 which indicated that there was improvement on short story writing skills of students but not significant; (3) the concept map media of network tree was effective to be used in short story writing skills of X grade students at SMAN 1 Labakkang in Pangkep district indicated by the tcount 8,488 > ttable 2,00 or tcount > ttable meaning that H1 was accepted. It was also supported descriptively by the improvement of the average score of the experiment class before the pre-test and after the pre-test was conducted by 2,45. Suggestion based on the result were (1) teachers of Indonesian should utilize concept map media of network tree in learning process of writing short story because the media was effective to be used; (2) teachers of Indonesian should improve more on language and literature of Indonesian by providing practices to students on writing short story learning; (3) students should create their own concept map to help the learning process; (4) students should spend their time to learn and understand the knowledge and conc

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Jul 2016 00:58
Last Modified: 15 Jul 2016 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item