spek pendidikan dalam naskah drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Bousye

Bahar, Andi Hendra (2013) spek pendidikan dalam naskah drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Bousye. Diploma thesis, FSD.

[img] Text
07. ABSTRAK & KATA PENGANTAR.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bersifat deskriptif ini berfokus pada isi naskah Malam Jahannam karya Moutinggo Bousje. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang :1). Aspek pendidikan dalam Struktur Naskah Drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Bousye;2) Aspek pendidikan dalam tokoh naskah drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Busye. Tekhnik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan tekhnik pustaka, simak, dan catat. Tekhnik pustaka yaitu mempergunakan sumber-sumber tertulis yang digunakan, diperoleh sesuai dengan masalah dan tujuan pengkajian sastra drama, dalam hal ini tinjauan-tinjauan sosoilogi satra drama. Teknik catat adalah suatu teknik yang menempatkan peneliti sebagai instrumen kunci dengan melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber primer. Sumber data yang tertulis dipilih sesuai dengan masalah dalam pengkajian sosiologi sastra drama. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1). Aspek pendidikan dalam struktur naskah drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Busye, yakni naskah Malam Jahannam jika dilihat dari struktunya merupakan struktur yang apik tersusun secara sistematik dan boleh dikatakan naskah ini sebagai salah satu contoh dalam pembuatan naskah drama realis dengan memperhatikan dramtik plot Aristoteles (2) Aspek pendidikan yang termuat pada dalam tokoh naskah drama Malam Jahannam Karya Moutinggo Busye, yakni pendidikan budi pekerti yang menyangkut masalah moral tentang bagaimana kita dianjurkan utuk mengutamakan kewajiban dari pada hak, seorang istri harus setia kepada suaminya dan menerima kekurangan suaminya, jangan terlalu mencampuri urusan orang lain serta keikhlasan melepaskan sesuatu yang bukan takdir kita memilikinya. naskah Malam Jahannam mengandung 8 jenis pendidikan karakter religius, jujur, peduli social, ingin tahu, toleransi, cinta damai,tanggung jawab dan peduli lingkungan. Oleh karena itu, drama Malam Jahannam ini, dapat direkomendasikan sebagai bahan ajar kesastraan di sekolah menengah. Kata Kunci : Naskah Malam Jahannam,Aspek Pendidikan, Moutinggo Bousye.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 03:11
Last Modified: 23 May 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item