Motivasi Berprestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu.

Sri Hartanti, Lulu (2016) Motivasi Berprestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses terbentuknya motivasi berprestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah informan sebanyak 9 orang. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria: siswa berprestasi yang mendapat peringkat pertama sampai ketiga di tiap tingkatan kelas yang berada di kelas unggulan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan member check. Analisis data menggunakan analisis kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses terbentuknya motivasi berprestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu adalah (a) keluarga menentukan standar motivasi yang tinggi dengan menggantungkan harapan yang besar akan keberhasilan anak, memberikan dorongan, tidak otoriter, orang tua menceritakan kesuksesan seseorang, (b) peserta didik mengalami peristiwa yang mampu menumbuhkan motivasi berprestasi dalam dirinya, (c) guru yang selalu memotivasi, (d) tokoh sukses yang menjadi idola. Akan tetapi, motivasi berprestasi ini juga terbentuk manakala peserta didik mampu menyikapi situasi yang ada. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu adalah (a) faktor individu (internal), (1) keinginan untuk berprestasi yang meliputi harapan dan keyakinan, adanya rasa iri serta rasa tidak puas, (2) minat. (b) faktor eksternal (lingkungan), (1) lingkungan sekolah yang meliputi adanya standar kesuksesan yang dicapai serta adanya situasi kompetisi, (2) lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 May 2018 00:48
Last Modified: 23 May 2018 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item