Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 8 Makassar

SADDIA, ANDI (2016) Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 8 Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ANDI SADDIA.doc

Download (122kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis peserta didik tidak lepas dari peran guru, model pembelajaran serta pendekatan dalam proses pembelajaran. Penelitian merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok eksperimen (model Problem Based Instruction (PBI) dan satu kelompok kontrol (konvensional), dengan tujuan: (1) mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IX SMP Negeri 8 Makassar yang belajar secara konvensional, (2) mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IX SMP Negeri 8 Makassar yang belajar dengan model Problem Based Instruction, (3) apakah pembelajaran model Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IX SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian dilakukan dua tahap yaitu: 1) persiapan meliputi menyusun Buku Ajar, RPP, LKPD, dan Test Hasil Belajar Keterampilan berpikir kritis dan, 2) pelaksanaan yaitu memilih sampel, melakukan tes awal, melaksnakan pembelajaran dengan model Problem Based Instruction dan melakukan tes akhir. Pemilihan sampel secara random sampling dengan tahapan, yaitu: (1) mengundi secara acak 36 peserta didik dari 12 rombel untuk kelas eksperimen, (2) memilih secara acak satu rombel untuk kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variable bebas yaitu model Problem Based Instruction (PBI), variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan desain Quasi Eksperimental Design, yang dirancang sebagai Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket respon peserta didik,tes keterampilan berpikir kritis, dan teknik analisis adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analis deskriptif tes keterampilan berpikir kritis peserta didik dikelas ekperimen 52,7% kategori sangat tinggi, 47,2% tinggi, nilai maksimal 96, terendah 71 dari nilai ideal 100, rata-rata 84,4, dan standar deviasi 5,5. Sedangkan pada kelas kontrol 8,3% sangat tinggi, 80,6% tinggi, dan 11,1% sedang, nilai maksimal 93, terendah 64 dari nilai ideal 100, rata-rata 77,0 dan standar deviasi 6,1. Dengan demikian disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik lebih unggul yang belajar melalui model Problem Based Instruction (PBI) daripada yang belajar secara konvensional. Demikian pula analisis statistik inferensial berdasarkan uji t, diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas ekperimen daripada kelas kontrol. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI) terhadap tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IX SMP Negeri 8 Makassar, artinya semakin tinggi tingkat penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) maka tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 May 2018 06:36
Last Modified: 21 May 2018 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8699

Actions (login required)

View Item View Item