PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD INPRES BADDOKAKOTA MAKASSAR

ILHAM, ILHAM (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD INPRES BADDOKAKOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL (ILHAM 15B14067).pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media gambar, mengetahui gambaran keterampilan menulis puisi siswa, Mengetahui gambaran penggunaan media gambar terhadap keterqampilan menulis puisi kelas V SD Inpres Baddoka Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental design yaitu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu penggunaan media gambar dan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Baddoka Kota Makassar.yang berjumlah 55 orang.Sampel menggunakan rumus slovin berjumlah 48 siswa.Selanjutnya penentuan sampel sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan melalui teknik purposive sampling dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 24 siswa.Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.Instrumen divalidasi oleh dosen ahli.Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for windows 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (i) Penggunaan media gambardalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari beberapa tahapan pada umumnya terlaksana dengan baik. (ii) keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres Baddoka Kota Makassar dengan penggunaan media gambar lebih tinggi yaitu 78,46 dibandingkan dengan keterampilan menulis puisi siswa yang tidak menggunakan media gambaryaitu 69,87. (iii) penggunaan media gambardalam pembelajaran Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres Baddoka Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 May 2018 02:12
Last Modified: 21 May 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item