,Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa SD Inpres Tete A, Kab TojoUnauna Ampana Sulawesi Tengah

MIFTAFARID, MIFTAFARID (2018) ,Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa SD Inpres Tete A, Kab TojoUnauna Ampana Sulawesi Tengah. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (180kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPS dikelas IV SD Inpres Teta A, KabTojo Unauna Ampana, memiliki tiga tujuan pembelajaran yang harus dicapai,yaitu yang pertama untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran ips yang kedua untuk mengetahui hasil pembelajaran ips siswa kelas IV SD inpres Tete A .yang ketiga untuk mengetahui gambaran penerapan model TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah .Langkah PTK ini meliputi 2 siklus.Setiap sikluster diri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Teta A, KabTojo Unauna Ampana yang berjumlah 20 anak dengan menerapkan model Teams Games and Tournament. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian yang diperoleh adalah: padasiklus I, keterampilan guru dan siswa dalam pembelajaran ini menujjukan hasil yang sudah cukup dan dilanjutkan , Padasiklus II keterampilan guru dan hasil belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Teams Games and Tournament yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengajaran, belajar tim/diskusi kelompok, turnamen, dan pengharagaan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD InpresTeta A, KabTojo Una una Ampana. Antara lain 1 Gambaran Penerpan model TGT sudah berada dalam kategori baik 2. Gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sudah baik 3.gambaran penerpan model dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPS sudah berada dalam ketegori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 04:15
Last Modified: 09 May 2018 04:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item