Kefektifan TeknikMind MappingterhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelas IX SMP Negeri 5 Parepare

Gaffar, Nahra (2018) Kefektifan TeknikMind MappingterhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelas IX SMP Negeri 5 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NAHRA GAFFAR.doc

Download (120kB)

Abstract

Penelitianinibertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen tanpa penerapan teknik mind mapping siswa kelas IX SMP Negeri 5 parepare, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan penerapan teknik mind mappingsiswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare, (3) membuktikan keefektifanpenerapan teknik mind mapping dalam menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare, (4) mendeskripsikan respon siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare terhadap pembelajaran teknik mind mapping. Jenispenelitian yang digunakanadalaheksperimensemuatauquasi eksperimen. DesainpenelitianiniyaituNonequivalent Control Group Design. Penelitianinidilaksanakan di SMP Negeri 5 Parepare. Populasipenelitianadalahsiswakelas IX yang berjumlah 143 yang terbagidalamtujuhkelas. Pengambilansampeldilakukandengantekniksampling purposive yaituteknikpenentuansampeldenganpertimbangantertentu. Sampel yang terpilhyaitukelas IX.1 sebagaikelaseksperimendankelas IX.2 sebagaikelaskontrol. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniyaitumenuliscerpendenganteknikpengumpulan data berupapemberiantugas. Data yang terkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial jenis uji t yang diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare tanpa penerapan teknik mind mapping dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pretes siswa adalah 58,30 dan nilai rata-rata postes adalah 70,70 dengan nilai rata-rata N-gain (kategori peningkatan)sebesar 0,3, (2) kemampaun menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare dengan penerapan teknik mind mappingdapat diketahui bahwa nilai rata-rata pretes siswa adalah56,80 mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil postes sebesar 85,55dengan nilai rata-rata N-gain (kategori peningkatan) sebesar 0,7, (3) teknik mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Parepare. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yaitu nilai postes diperoleh thitung (11,432) ˃ ttabel (1,73) dan nilai sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05) berarti hipotesis diterima. Selanjutnya, nilai N-gain diperoleh thitung (11,643) ˃ ttabel (1,73) dan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < α (0,05). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima, (4) penerapan teknik mind mapping mendapat respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen sebaiknya dilaksanakan dengan berbagai variasi, salah satunya dengan menerapkan teknik mind mapping yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk dapat menuangkan ide-ide dalam menulis cerpen. Kata kunci: cerpen, keefektifan , mind mapping, peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 02:55
Last Modified: 09 May 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item