Efektivitas Penggunaan Software Cabri 3D dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 15 Makassar pada Topik Geometri

Musdalifah AK, Musdalifah AK (2015) Efektivitas Penggunaan Software Cabri 3D dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 15 Makassar pada Topik Geometri. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
musdalifah.docx

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment, yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Software Cabri 3D dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 15 Makassar Pada Topik Geometri. Unit eksperimen dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas X MIPA SMA Negeri 15 Makassar untuk diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan Software Cabri 3D. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 pertemuan yang terdiri dari 1 pertemuan pretest, 1 pertemuan posttest dan 3 pertemuan pemberian pembelajaran dengan menggunakan Software Cabri 3D dalam pembelajaran matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh setelah menggunakan Software Cabri 3D dalam pembelajaran matematika pada topik geometri adalah: Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran pada topik geometri telah mencapai KKM dengan rata-rata hasil belajar 89,48 untuk kelas eksperimen dan 81,56 untuk kelas kontrol. Sedangkan secara klasikal, sebanyak 100% siswa dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan gain ternormalisasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori tinggi. Berdasarkan kriteria keefektifan dengan melihat ketiga indikator keefektifan, yakni hasil belajar matematika, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dapat disimpulkan bahwa software Cabri 3Defektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa SMA Negeri 15 pada topik geometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 May 2018 02:29
Last Modified: 07 May 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item View Item