Pengelolaan Kelas di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman

Syarifuddin, Syarifuddin (2014) Pengelolaan Kelas di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL PAK SYARIFUDDIN.doc

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kelas yang dilakukan oleh guru-guru di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman sudah disiapkan dan terencana dengan baik. Hal-hal yang direncanakan seperti menganalisis persiapan manajemen kelas, membuat daftar identitas kondisi sekolah, merumuskan kondisi sekolah dan kelas yang ideal, membuat data kondisi fisik kelas, merumuskan kondisi sosio-emosional siswa, organisasi pembelajaran di kelas terstruktur dan terorganisasi, dan merumuskan teknik pembelajaran di kelas melalui manajemen administrative, (2) pelaksanaan kelas yang dilakukan oleh guru-guru di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman sudah terlaksana dengan baik. Meliputi sejumlah pelaksanaan dalam indikator manajemen kelas. Hanya data identifikasi kesenjangan kondisi aktual kelas dan alat penilaian guru di kelas belum terlaksana, selebihnya membuat daftar identitas masalah manajemen kelas, melaksanakan pemilihan startegi manajemen kelas, membuat skenario pelaksanaan manajemen kelas, membuat alat penilaian efektifitas manajemen kelas dan alat penilaian perilaku siswa dalam kelas, sudah terlaksana dengan baik, (3) faktor pendukung manajemen kelas di SD Negeri 007 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman seperti kondisi fisik ruang kelas sudah sesuai dengan standar, terjalin hubungan kerjasama dengan baik secara sosio-emosional semua stakeholders, memiliki metode pembelajaran yang variatif, terorganisir dengan baik kegiatan rutin di sekolah, dan memiliki manajemen administratif sekolah yang lengkap. Sementara faktor penghambat dalam manajemen kelas adalah masih ada kondisi ruangan yang kurang kondusif, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang masih minim, keterbatasan waktu secara rasional yang tidak berbanding dengan tuntutan kurikulum dan banyaknya pekerjaan sehingga pelaksanaannya kurang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 03:53
Last Modified: 03 May 2018 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item