Penyesuaian diri siswa (study kasus pada anak berkebutuhan khusus disekolah inklusi SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang

SUSANNA, HESTI ARIF (2017) Penyesuaian diri siswa (study kasus pada anak berkebutuhan khusus disekolah inklusi SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - Pendahuluan A.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui Gambaran Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Program Inklusi di SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang. (ii) Untuk mengetahui Faktor Pendukung Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Program Inklusi di SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang. (iii) Untuk mengetahui Faktor Penghambat Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Program Inklusi di SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini di SDN 15 Kotu Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penyesuaian diri merupakan proses penyelarasan antara kondisi diri sendiri dengan sesuatu obyek atau perangsang melalui kegiatan belajar dengan indikator Peserta didik ABK, Pengelolaan kelas berkaitan dengan materi pelajaran, Sarana Prasarana Pembelajaran, Partisipasi Masyarakat, Manajemen yang berkaitan dengan PTK, Manajemen yang berkaitan dengan kurikulum. (ii) Faktor-faktor yang mendukung Penyesuaian Diri siswa adalah Lingkungan sekolah dan masyarakat yang kondusif, Dukungan dari orang tua, Pemerataan perlakuan terhadap siswa regular dan siswa ABK, Tidak ada tendensi /batasan batasan antara siswa regular dan siswa ABK, Siswa regular tidak mengatur jarak dengan siswa ABK ( mereka berbaur) baik dalam belajar, berain dan bercengkrama. (iii) Faktor-faktor yang menghambat penyesuaian diri siswa adalah Berasal dari diri siswa tersebut misalnya keadaan siswa yang kurang kondusif, social dan emosi (mental), Lingkungan belajar yang mereka anggap sulit sehingga muncul permasalahan saat pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 05:54
Last Modified: 02 May 2018 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item