Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur

SRIPANDI, NI MADE (2016) Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Ni Made Sripandi.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur (studi pada materi pokok larutan asam basa). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah peserta didik 94 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas dan kelas yang terpilih adalah adalah kelas XI IPA1 dan Kelas XI IPA2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 analisis menggunakan Two Ways MANOVA. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooopratif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran inkuiri masing-masing pada kategori tinggi. Rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik masing-masing pada kategori tinggi. Rata-rata motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooopratif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran inkuiri masing-masing pada kategori tinggi. Rata-rata motivasi belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik masing-masing pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa. (3) Ada pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa. (4) Tidak ada pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa. (5) Ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa. (6) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kalaena pada materi pokok larutan asam dan basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:56
Last Modified: 30 Apr 2018 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8304

Actions (login required)

View Item View Item