Perbandingan Minat Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan dan Tanpa Menggunakan Media Facebook pada Kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar

Mappiare, Akbar (2013) Perbandingan Minat Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan dan Tanpa Menggunakan Media Facebook pada Kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
Bab I.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental) dengan desain penelitian Randomized Control Group Design yang mengkaji tentang perbandingan minat belajar matematika bagi siswa yang diajar menggunkan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media facebook dan tanpa menggunakan media facebook pada kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Sampel penelitian ini terdiri atas kelas kontrol yaitu kelas VIII-3 dan kelas eksperimen yaitu VIII-1. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengukur minat belajar matematika. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Minat belajar matematika siswa kelas eksperimen pada kategori “Baik” dengan skor rata-rata 48.39 dengan standar deviasi 7.89 dimana skor terendah yaitu 34.38 dan skor tertinggi yaitu 65.77 dan memiliki nilai koefisien variasi 16,31%. (2)Minat belajar matematika siswa kelas kontrol berada pada kategori “Baik” dengan skor rata-rata 40.38 dengan standar deviasi 5.58 dimana skor terendah yaitu 33.87 dan skor tertinggi yaitu 57.30 dan memiliki nilai koefisien variasi 13,81%. (3) Hasil analisis Anacova menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) atau p = 0,01 pada taraf signifikasi α = 0,05 yang berarti bahwa rata-rata skor minat belajar matematika siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial terlihat bahwa skor rata-rata minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media facebook lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media facebook. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media facebook akan mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar menjadi lebih baik dibanding dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media facebook. Kata kunci: Media Facebook, Minat Belajar   ABSTRAK Akbar Mappiare, 2013. Perbandingan Minat Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan dan Tanpa Menggunakan Media Facebook pada Kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar . Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental) dengan desain penelitian Randomized Control Group Design yang mengkaji tentang perbandingan minat belajar matematika bagi siswa yang diajar menggunkan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media facebook dan tanpa menggunakan media facebook pada kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Sampel penelitian ini terdiri atas kelas kontrol yaitu kelas VIII-3 dan kelas eksperimen yaitu VIII-1. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mengukur minat belajar matematika. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Minat belajar matematika siswa kelas eksperimen pada kategori “Baik” dengan skor rata-rata 48.39 dengan standar deviasi 7.89 dimana skor terendah yaitu 34.38 dan skor tertinggi yaitu 65.77 dan memiliki nilai koefisien variasi 16,31%. (2)Minat belajar matematika siswa kelas kontrol berada pada kategori “Baik” dengan skor rata-rata 40.38 dengan standar deviasi 5.58 dimana skor terendah yaitu 33.87 dan skor tertinggi yaitu 57.30 dan memiliki nilai koefisien variasi 13,81%. (3) Hasil analisis Anacova menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) atau p = 0,01 pada taraf signifikasi α = 0,05 yang berarti bahwa rata-rata skor minat belajar matematika siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial terlihat bahwa skor rata-rata minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media facebook lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media facebook. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media facebook akan mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar menjadi lebih baik dibanding dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa media facebook. Kata kunci: Media Facebook, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:22
Last Modified: 30 Apr 2018 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item