Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa

AMIN, BUNGA DARA (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BUNGA DARA AMIN.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia yang valid, menarik praktis serta efektif . Untuk maksud tersebut, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model four-D (4-D) dari S.Thiagarajan yang terdiri tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Desain penelitian digunakan nonequivalent control group desain dengan subyek uji coba penelitian pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika tahun ajaran 2014/2015 pada kelas Pendidikan dengan jumlah 14 orang sebagai kelas kontrol dan kelas International Class Program (ICP) dengan jumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data digunakan persamaan CVR (Content Validity Ratio), analisis deskreptif dan analisis inferensial.. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian ini berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia (PPFBH) dengan kategori penilaian valid, menarik, dan praktis serta efektif. Hasil-hasil penelitian dapat ditunjukkan sebagai berikut: (i) pelaksanaan pembelajaran pada perkuliahan Pendahuluan Fisika Kuantum pada mahasiswa Program Pendidikan Fisika FMIPA UNM menerapkan pendekatan berpusat pada dosen/dosen sehingga pemahaman mahasiswa pada aspek translasi dalam menerjemahkan tabel, simbol matematika dan grafik serta aspek interpretasi dalam memaknai atau merubah grafik, simbol tabel dalam kategori sangat rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pada aspek pemetaan masalah, keterampilan matematika, keterampilan penguasaan angka, keterampilan kesadaran ruang dan grafik serta keterampilan mengestimasi dalam kategori rendah; (ii) perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia yang dikembangkan telah memenuhi syarat kategori: (a) Kevalidan dengan skor rata-rata validasi program hypermedia 91,25%, skor rata-rata validasi materi pada program 95,83%, skor rata-rata validasi buku bacaan mahasiswa 94,79%, dan skor rata-rata validasi LKM 97,6%; (b) Kemanarikan terlihat dari skor respons mahasiswa dari aspek daya tarik 92,35% dan aktivitas kinerja mahasiswa perkegiatan rata-rata di atas 80%; dan (c) Kepraktisan terlihar dari skor aktivitas kinerja keterlaksanaan perangkat 84,74%, skor rata-rata respons mahasiswa terhadap fasilitas hypermedia 90,35% serta respons mahasiswa terhadap aktivitas dengan mempergunakan hypermedia 91,81%; (iii) Keefektivan terlihat dari skor rata-rata respons mahasiswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia 91,03%, skor rata-rata kinerja mahasiswa di atas 80% dan terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa yang menerapkan perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia dengan pembelajaran media power point. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, hypermedia, keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:55
Last Modified: 30 Apr 2018 04:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item