Pengaruh Strategi Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Langsung dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Multimedia SMKN 1 Pinrang pada Materi Pokok Konsep Mol

FADILLAH ANGGRAENI, NUR (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Langsung dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Multimedia SMKN 1 Pinrang pada Materi Pokok Konsep Mol. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran QSH dalam model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran LSQ dalam model pembelajaran langsung; (ii) perbedaan hasi belajar peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI; (iii) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dalam model pembelajaran langsung dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X Multimedia 2 (kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran LSQ) dan peserta didik kelas X Multimedia 3 (kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran QSH) yang dipilih melalui teknik undian, masing-masing 28 orang untuk kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran LSQ dan 27 orang untuk kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran QSH. Untuk membedakan antara peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI), dilihat dari hasil test Group Embedded Figures Test (GEFT). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian dua arah General Linear Model (GLM) Univariat dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran QSH dalam model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran LSQ dalam model pembelajaran langsung; (ii) tidak ada perbedaan hasi belajar peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI; (iii) ada interaksi antara strategi pembelajaran dalam model pembelajaran langsung dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia SMKN 1 Pinrang. Kata kunci: Question Student Have, Learning Start with A Question, Gaya Kognitif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:42
Last Modified: 30 Apr 2018 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item