Pengembangan Metode Bermain Dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Huruf Anak Usia Dini

ST. AISYAH, ST. AISYAH (2015) Pengembangan Metode Bermain Dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Huruf Anak Usia Dini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Februari 2016 Sitti Aisyah.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain media kartu gambar yang menjadi kebutuhan pengembangan; (2) mengetahui gambaran desain metode bermain dengan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsep huruf anak; (3) mengetahui gambaran metode bermain dengan media kartu gambar yang valid dan praktis; dan (4) mengetahui tingkat efektivitas metode bermain dengan media kartu gambar pada anak Kelompok bermain Srikandi Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 10 anak yang memiliki kemampuan kurang dalam menyebutkan dan membaca nama benda yang ditampilkan serta menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana melalui gambar yang ada. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data lembar validasi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain media kartu gambar yang menjadi kebutuhan pengembangan menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf rendah dilihat faktor dalam diri anak maupun luar diri anak. Faktor dari diri anak adanya rasa malas dan tidak tertarik dengan pengenalan huruf tanpa melalui media kreatif sementara faktor dari luar diri anak seperti metode yang digunakan guru belum mampu mengembangkan ide-ide yang dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan; (2) gambaran desain metode bermain dengan media kartu gambar terdiri atas berbagai jenis kegiatan meliputi: (a) bermain kartu huruf; (b) bermain dengan membaca gambar; (c) bermian dengan kartu huruf awal; (d) bermain dengan perabaan huruf; (e) bermain dengan membaca suku kata; dan (f) permainan bingo yang bertujuan untuk: (a) memberikan petunjuk dan meningkatkan inovasi pembelajaran, dan (b) memberikan pemahaman bagi sekolah agar dapat menyajikan metode pembelajaran dengan nuansa bermain dan menyenangkan; (3) gambaran metode bermain dengan media kartu gambar yang valid dan praktis menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat dinyatakan valid untuk digunakan dan memiliki reliabilitas ≥75% (R ≥ 0,75) sedangkan pengembangan metode bermain media kartu gambar ini memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan; dan (4) tingkat efektivitas metode bermain dengan media kartu gambar menunjukkan rata-rata perkembangan belajar anak berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan tingkat persentase yang beragam dan aktivitas anak rata-rata 4,7 atau berada pada kategori sangat tinggi (3,5 ≤ AD ≤ 4). Sementara perilaku pembelajaran guru diperoleh 80% yang menyatakan positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:46
Last Modified: 30 Apr 2018 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item