Hubungan Antara Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru Biologi dengan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto

RAHMA FITRAWATI, NUR (2017) Hubungan Antara Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru Biologi dengan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berhubungan salah satunya adalah gaya mengajar guru. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara (1) persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Biologi dengan motivasi belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto. (2) persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Biologi dengan hasil belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto. (3) motivasi belajar dan hasil belajar Biologi peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian surveydan teknik pengambilan data adalah angket dan dokumentasi yang dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 264 peserta didik kelas XI IPA yang diambil dari 9 SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto yaitu SMAN 2 Jeneponto kelas XI IPA2 berrjumlah 35 orang, SMAN 3 Jeneponto kelas XI IPA2 berjumlah 25 orang, SMAN 4 Jeneponto kelas XI IPA1 berjumlah 28 orang, SMAN 5 Jeneponto kelas XI IPA1 yang berjumlah 39 peserta didik, SMAN 6 Jeneponto kelas XI IPA5 berjumlah 37 orang, SMAN 7 Jeneponto kelas XI IPA3 berjumlah 24 orang, SMAN 8 Jeneponto kelas XI IPA1 berjumlah 28 orang, SMAN 10 Jeneponto kelas XI IPA1 berjumlah 35 orang dan SMAN 11 Jeneponto kelas XI IPA1 berjumlah 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Biologi SMAN di Kabupaten Jeneponto pada kategori baik. Motivasi belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto pada kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto pada kategori tinggi (1) hubungan persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Biologi dengan motivasi belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto dengan kekuatan hubungan kategori sedang (2) hubungan persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Biologi dengan hasil belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto kekuatan hubungan kategori rendah (3) motivasi dan hasil belajar peserta didik SMAN di Kabupaten Jeneponto memiliki hubungan kekuatan hubungan kategori rendah. Kata kunci: persepsi, gaya mengajar guru Biologi, motivasi belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:18
Last Modified: 30 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8182

Actions (login required)

View Item View Item