Pengembangan Model Permainan Simulasi Media Tiga Dimensi Untuk Mengembangkan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak

ULFAH, ST. MARIA (2015) Pengembangan Model Permainan Simulasi Media Tiga Dimensi Untuk Mengembangkan Moral Anak di Taman Kanak-Kanak. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL BARU.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kebutuhan lapangan dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan model permainan simulasi media tiga dimensi di Taman Kanak-kanak; (ii) Untuk mengetahui bagaimana rancangan model permainan simulasi media tiga dimensi dalam mengembangkan moral anak di Taman Kanak-kanak yang valid, praktis dan menarik; (iii) Untuk mengetahui model pengembangan permainan simulasi media tiga dimensi: (iv) Untuk mengetahui bagaimana keefektifan model permainan simulasi media tiga dimensi terhadap moral anak di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dari Barg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Berdasarkan hasil wawancara dengan guru-guru maupun hasil pengamatan terhadap anak Taman Kanak-Kanak, diperoleh gambaran dimana kondisi anak dalam hal moral masih sangat kurang. Selain itu perangkat pembelajaran khususnya mengenai buku moral yang ada di TK dan minimnya kemampuan guru dalam mengemas materi tentang moral anak di TK juga masih kurang. (ii) Rancangan model permainan simulasi media tiga dimensi telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan angket respon guru, semua aspek model permainan simulasi media tiga dimensi sebesar 84 %; (iii) Model pengembangan permainan simulasi media tiga dimensi berupa media dadu dari kain flanel, dimana di setiap sisinya ditempelkan gambar-gambar perilaku moral dan akan dimainkan oleh anak. Setiap anak melempar dadu, maka gambar yang muncul akan disimulasikan bersama teman kelompoknya (iv) Validasi Empirik analisis keefektifan signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,05), dengan nilai signifikansi 0,000, artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatmen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 00:52
Last Modified: 30 Apr 2018 00:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item