Pengembangan Bahan Ajar Benda dan Sifatnya pada Pembelajaran IPA SD

HASANI, TAJUDDIN (2016) Pengembangan Bahan Ajar Benda dan Sifatnya pada Pembelajaran IPA SD. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: menjelaskan gambaran kebutuhan bahan ajar benda dan sifatnya pada pembelajaran IPA SD ,menjelaskan gambaran desain bahan ajar benda dan sifatnya pada pembelajaran IPA SD,menjelaskan gambaran tingkat validan dan praktisan bahan ajar benda dan sifatnya pada pembelajaran IPA SD.Penelitian Pengembangan ini menggunakan model Thiagarajan & Semmel (1974),yang diadopsi kembali menjadi tiga tahap dari empat tahap,tahap yang dikenal dengan model 4-D (Four D models ).Ketiga tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define ),tahap perancangan (Design) dan tahap pengembangan (Develop).Tahapan validan bahan ajar dan perangkat pembelajaran melibatkan ahli ahli materi dan ahli kurikulum dan subyek penelitian adalah siswa sejumlah 20 orang dan satu orang guru kelas V SD Negeri No.90 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.Hasil pengembangan bahan ajar berupa modul peserta didik beserta perangkat pembelajaran lainnya (silabus,RPP,LKS dan tes hasil belajar) kevalidan instrumen dan kepraktisan memenuhi kategori sangat valid.Hasil ujicoba modul dan perangkat pembelajaran lainnya telah memenuhi kreteria praktis.Kesimpulan penelitian ini sangat dibutuhkan adanya pengembangan bahan ajar yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik belajar mandiri sehingga pendidik tidak terlalu dominan dalam kegiatan pembelajaran.Gambaran desain pengembangan bahan ajar menghasilkan modul peserta didik dan perangkat pembelajaran lainnya meliputi silabus,RPP,LKS dan tes hasil belajar yang masih bersifat hipotetik atau sementara.Hasil pengujian validitas bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid.Hasil uji coba bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis. Kata kunci : Benda dan Sifatnya pada Pembelajaran IPA SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2018 08:04
Last Modified: 27 Apr 2018 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item