Peningkatan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Ppenerapan Strategi Pembelajaran Discovery-Inquiry Di Kelas XC MAN Binamu Jeneponto

HERLINA T, HERLINA T (2015) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Ppenerapan Strategi Pembelajaran Discovery-Inquiry Di Kelas XC MAN Binamu Jeneponto. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas X MAN Binamu Jeneponto pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) peningkatan motivasi belajar peserta didik 75% secara klasikal, 2) aktivitas belajar peserta didik memenuhi ketercapaian 75% secara klasikal, dan 3) hasil belajar peserta didik mencapai 85% secara klasikal dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan rata-rata motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62,92% menjadi 95,19% pada siklus II, meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 71,54% menajadi 95,18% dan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 41,32% tuntas belajar meningkat menjadi 92,31% peserta didik yang tuntas belajar. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pererapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik di kelas XC MAN Binamu Jeneponto. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Discovery-Inquiry, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, MAN Binamu Jeneponto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:03
Last Modified: 26 Apr 2018 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item View Item