Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Berbasis Lingkungan Alam Pada Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 29 Totolisi Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.

MUJAHIDA, MUJAHIDA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Berbasis Lingkungan Alam Pada Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 29 Totolisi Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MUJAHIDAH.docx

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan alam pada siswa kelas IV SDN 29 Totolisi Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS sebelum penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan alam, Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan alam dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswakelas IV SDN 29 Totolisi, Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 29 Totolisi melalui model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 29 Totolisi Kecamatan Sendana Kabupaten Majene yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2014/2015. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru dan siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan belajar siswa dianalisis secara kualitatif deskriftif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan alam hasil belajar IPS siswa meningkat. Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus II lebih baik dibandingkan siklus I, peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model ini juga terlihat dari kriteria ketuntasan minimal yang menunjukkan hasil belajar siswa memenuhi KKM yang telah ditentukan. Aktivitas belajar siswa pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan proses, berdasarkan hasil observasi sebagian besar siswa telah melaksanakan hampir semua indikator dari aspek kegiatan siswa yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:56
Last Modified: 26 Apr 2018 03:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item View Item